Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang

LAPANGAN PANCASILA SIMPANGLIMA KOTA SEMARANG
Plang Lap. Simpang Lima Semarang, terdapat
slogan Kota Semarang yakni ATLAS
(Aman, Tertib, Lancar, Asri, Sehat)
Mahfudz Ha-eR Semarang - Lapangan Simpanglima merupakan salah satu landmark kota Semarang yang juga disebut Lapangan Pancasila. Simpang Lima telah mengalami perbaikan pada tahun 2011. Dalam tahap rehabilitasi tersebut, dilakukan beberapa pekerjaan seperti pengurukan dan pemasangan alat resapan air untuk perbaikan lapangan yang berada di pusat Kota Semarang ini. Untuk kedepannya, Pemerintah Kota Semarang tidak akan mengizinkan Lapangan Pancasila Simpanglima ini untuk kegiatan komersial termasuk konser musik. "Lapangan Simpanglima hanya untuk kegiatan selektif, seperti upacara kenegaraan dan acara keagamaan," kata Wali Kota Semarang Soemarmo menegaskan. 
Simpang Lima dijadikan sebagai 'pusat alun-alun Kota Semarang' berdasarkan usulan Presiden Republik Idonesia yang pertama yaitu Bapak Ir. Soekarno dengan alasan Pusat alun-alun yang semula berada di Kawasan Kauman telah beralih fungsi menjadi Pusat Perbelanjaan tepatnya di Pasar Johar. 
Lapangan ini merupakan pusat keramaian warga Semarang bahkan dari luar Kota Semarang yang mampir atau sekedar mencari hiburan. Sehingga lapangan ini sering ramai, terutama pada hari Sabtu sore hingga malam, Ahad pagi hingga malam. Bahkan hari Minggu pagi sekitar pukul 06.00-09.00 wib, di kawasan ini berlaku car free day (bebas kendaraan). Sehingga pada waktu tersebut hanya diisi oleh pejalan kaki dan bersepeda. 
Apalagi disaat menjelang pergantian tahun, Simpang Lima Semarang menjadi pusat perayaan pergantian Tahun warga Kota Semarang bahkan warga luar Kota Semarang. Biasannya di Simpang Lima Semarang ini diadakan pesta kembang api dan konser musik artis lokal Semarang bahkan artis Ibu Kota.



Referensi: 

Komentar