Jasa Dekorasi Janur Bapak Achmad Muanas

Mahfudz Ha-eR Semarang - Kata Janur berasal dari gabungan suku kata dalam bahasa Arab yaitu: ‘Jannah', yang artinya surga, dan ‘Nur‘ yang artinya cahaya.
Jasa Dekorasi Janur Bapak Achmad Muanas
Kuning diambil dari bahasa jawa ‘ning‘ yang berasal dari ‘wening‘ yang artinya suci. Simbolisasi pemakaian Janur Kuning banyak dipakai di seluruh nusantara semenjak zaman kerajaan Mataram, terutama pada suku Bali, Jawa dan Sunda. Di Bali, Janur Kuning disebut penjor. Adapun bahan dasar pembuatan janur adalah dari daun muda jenis kelapa, enau atau tebu atau pun rumbia atau beringin atau alang-alang. Semakin lama pemakaian anyaman janur ini banyak sekali digunakan dan bisa kita lihat pada upacara-upacara keagamaan serta perkawinan, yang diletakkan di pinggir-pinggir jalan menuju rumah mempelai dan rumah mempelai itu sendiri.
Penggunaan daun-daun ini memiliki nilai filosofis. Seperti pada penggunaan daun kelapa yang diharapkan pada calon mempelai untuk selalu kokoh dalam menjalani bahtera rumah tangga dan menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan ke hadapan Maha Suci. Ada pula yang menggunakan daun beringin, yang diharapkan pada mempelai untuk menjadi ayoman dan melindungi keluarga dan masyarakatnya. Ada juga sebagian yang menggunakan alang-alang yang dikombinasikan dengan daun kawis-wis (yang artinya sesudahnya) dan daun maja-aja (yang artinya jangan), dengan harapan semoga tidak ada halangan apapun dalam kehidupan bahtera rumah tangga mereka selanjutnya. Ada pula sebagian yang menggunakan pohon tebu sebagai janur kuning yang menyimbolkan harapan untuk kemanisan dan harmonisasi kehidupan rumah tangga mereka nantinya.
Di Jawa dan Bali, di samping pelaminan di pasang sepasang hiasan Janur Kuning dan sepasang payung, yang dikombinasikan dengan bunga rangkaian dan buah-buahan seperti pisang raja, yang disebut ‘kembar mayang‘: yang menyimbolkan penyatuan dua individu dalam suatu wadah rumah tangga dan saling mengayomi dan diharapkan akan memperoleh keturunan secepatnya. 
Adapun pembuatan janur kuning ini, pada saat pemasangan daun-daun yang digunakan tidak boleh digunting. Dengan tekhnik suwir-suwir, yang memilki arti pada nantinya dengan nilai silaturrahmi yang dijunjung tinggi (musyawarah dan mufakat) dalam menghadapi segala persoalan hidup akan terus ada jalan keluarnya. Sehingga Janur Kuning menjadi salah satu paket pelayanan dalam Jasa Dekorasi Pernikahan Kami 
Dekorasi janur yang biasanya sering kita lihat dalam acara Panggih Manten, yang terdiri yaitu pembuatan Kembar Mayang, Gagar Mayang/Mayang Sari dan Umbul-umbul/penjor. 
Jenis jenis model dekor janur ; 
1. Kembar Mayang 
Dalam acara resepsi pernikahan janur Kembar Mayang ini melambangkan bahwa Pengantin harus sama perasaan, hati dan kehendaknya masalahnya 2 (dua) orang jadi satu. Bagian-bagian kembar Mayang adalah : 
a. Tatakan 
b. Awak 
c. Mahkota 
2. Mayang Sari / Gagar Mayang 
Mayang sari/gagar mayang adalah hiasan janur yang biasanya ditempatkan di samping kanan dan kiri kursi Pelaminan, biasanya memiliki tinggi sekitar 180 cm, jumlahnya 2 buah, bentuknya boleh sama dan boleh tidak tergantung selera si pembuat, dan pada bagian ujung atas dihias dengan dengan buah-buahan atau bunga hidup. Bagian bagian Mayang Sari / Gagar Mayang: 
a. Mahkota, Berisi hiasan kipas, buah-buahan/bunga hidup. 
b. Badan bagian atas 
c. Badan bagian bawah ( berbentuk bulat ) 
d. Tatakan 
3. Umbul umbul / Penjor 
Umbul-umbul / penjor atau layur biasanya dipasang di depan rumah atau di depan gang masuk menuju tempat hajatan yang menandakan sebagai pertanda bahwa disitu ada hajatan. Pada Prinsipnya cara membuat janur umbul-umbul ini sama dengan pembuatan Kembar mayang atau mayang sari, hanya bedanya terletak pada medianya saja. Kalau Umbul-umbul dibuat pada sebatang bambu yang panjangnya sampai ujung bambu. Sehingga ketika dipasang akan menjulang tinggi.

Sedangkan Jasa Dekorasi Janur kami yaitu Bapak Achmad Muanas telah memiliki pengalaman kurang lebih selama 20 tahun. Pada awalnya beliau mengikuti Lomba Dekorasi Janur pada tahun 1992 dan meraih juara pertama yang akhirnya melanjutkan ketrampilan tersebut sebagai profesi melayani masyarakat. Dalam pengabdian melayani jasa kepada masyarakat itulah, kami berpesan jangan lewatkan moment Anda dengan Jasa Dekorasi Janur kami, yang penuh dengan filosofis harapan pernikahan Anda. Segera hubungi WA/SMS 081904410317 (mahfudz), untuk membuktikan primanya jasa kami.