Mengenal Lebih UIN Walisongo Semarang

Mahfudz Ha-eR Semarang - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Islam berbasis Negeri di wilayah Kota Semarang. Kantor Rektorat berada di Jalan Walisongo atau sering disebut Krapyak, Ngaliyan, Kota Semarang atau lebih mudahnya di samping Jalan Pantura. Kampus ini memiliki 3 Kampus, diantaranya:
LOGO UIN WALISONGO
Kampus 1, meliputi: Gedung Rektorat, Wisma Walisongo, Audit 1, Program Pascasarjana, Lapangan Tenis, Poliklinik Walisongo, dll. 
Kampus 2, meliputi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Perpustakaan Fakultas, Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas dan Fakultas, Ma'had Walisongo Putri, dll. 
Kampus 3, meliputi: Pusat Pengembangan Bahasa, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah, Koperasi Mahasiswa, Perpustakaan Universitas dan Fakultas, Audit 2, Lapangan Sepakbola, Gedung Olahraga, Pusat Kegiatan Mahasiswa Fakultas dan Universitas, dll. 

Sejarah Singkat
UIN Walisongo diresmikan melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan)pada tanggal 6 April 1970 No. 30 dan 31. Awalnya, Perguruan Tinggi Agama Islam ini memiliki 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yaitu: Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari'ah di Bumiayu, Fakultas Syari'ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga.  
Namun, ide dan upaya perintisannya sudah dilakukan sejak tahun 1963, melalui pendirian fakultas-fakultas Agama Islam di beberapa daerah tersebut yang dilakukan secara sporadis oleh para ulama sebagai representasi pemimpin agama dan para birokrat santri.
Keberadaan UIN Walisongo, pada awalnya tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat santri di Jawa Tengah akan terselenggaranya lembaga pendidikan tinggi yang menjadi wadah pendidikan pasca pesantren. Hal tersebut disebabkan oleh kenyataan bahwa Jawa Tengah adalah daerah yang memiliki basis pesantren yang sangat besar. Dengan demikian, lembaga pendidikan tinggi ini harus mampu memposisikan diri sebagai penerus tradisi pesantren serta harus memerankan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang melakukan diseminasi keilmuan sebagaimana layaknya perguruan tinggi.
Para pendiri UIN ini secara sadar memberi nama Walisongo. Nama besar ini menjadi simbol sekaligus spirit bagi dinamika sejarah perguruan tinggi agama Islam terbesar di Jawa Tengah ini. Tentu dalam bentangan sejarahnya, UIN terlibat dalam pergulatan meneruskan tradisi dan cita-cita Islam inklusif ala walisongo, sembari melakukan inovasi agar kehadirannya dapat secara signifikan berdaya guna bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan secara nyata berkhidmah untuk membangun peradaban umat manusia. Spirit inilah yang dikembangkan menuju UIN Walisongo sebagai center of excellence perguruan tinggi agama Islam di Indonesia.
Sejak 19 Desember 2014, IAIN Walisongo resmi bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Palembang dan UIN Sumut. Peresmian dan penandatanganan prasasti dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Transformasi tersebut membuat UIN Walisongo kini memiliki 8 Fakultas program sarjana, diantaranya:
2. Fakultas Syari'ah dan Hukum. 
3. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 
4. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. 
6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. 
7. Fakultas Psikologi dan Kesehatan. 
8. Fakultas Sains dan Teknologi. 
Sedangkan beberapa program Pascasarjana untuk Master (S2) diantaranya: 
  • Ilmu-Ilmu Agama Islam
  • Hukum Keluarga
  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
  • Ilmu Hadits
  • Ekonomi Syariah
  • Pendidikan Agama Islam
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Ilmu Tasawuf
  • Ilmu Falak/Astronomi
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • serta Bimbingan dan Penyuluhan Islam. 
Selain itu juga ada program Doktor (S3) untuk program studi Studi Islam. KLIK DISINI

Visi dan Misi
UIN Walisongo Semarang memiliki Visi yaitu menjadi: Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban. Untuk mencapai Visi tersebut, UIN Walisongo Semarang memiliki Misi diantaranya: 
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran IPTEKS berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan professional dan berakhlak al-karimah; 
  • Meningkatkan kualitas penelitian untuk kepentingan Islam, ilmu dan masyarakat; 
  • Menyelenggarakan pengabdian yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat; 
  • Menggali, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal; 
  • Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional; 
  • Mewujudkan tata pengelolaan kelembagaan professional berstandar internasional. 
  • Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan; 
  • Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa dan bernegara. 

Tujuan 
Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan; 
Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa dan bernegara. 

Hymne dan Mars


Hymne UIN Walisongo 
Rekah Matahari Menyambut Hari Baru
Langit tersenyum dan tergugu
Engkau Kebanggaan wahai almamaterku
Kesatuan ilmu landasanmu
     Syukur Alhamdulillah limpahan rahmat-Nya
     Membawa kami di UIN tercinta
     Syukur Alhamdulillah berlandas ilmiah
     Luhurkan Budi berakhlak karimah
Engkau Kebanggaan wahai almamaterku
Kesatuan ilmu landasanmu
Syukur Alhamdulillah berasas ilmiah
Pembangun Jiwa bagi Negara
     Universitas Islam Negeri Walisongo
     Profesional berwawasan pandang
     Tuk masa depan nan gemilang
Jayalah Universitas Negeriku
Jayalah Universitas Islamku
Jayalah Kampus Walisongoku
Jayalah Kampus Hijauku...

Jayalah Kampus Hijauku...

Mars UIN Walisongo

Marilah Bersama Universitas Islam Negeri Walisongo
Jemput masa depanmu tunjukkan prestasimu
Jadi unggul disetiap langkahmu
Kobarkan semangatmu jihad menggali ilmu
Bangkitlah Era Baru menunggu
Menjadi Insan Profesional Sejati
Dambaan umat dinanti
    Bekerja berkarya berbakti untuk bangsa
    Bekerja berkarya berbakti karena Allah
Berlandaskan aqidah dengan akhlaq karimah
Umat menanti dharma bhaktimu
Berkompetisi menggapai ridho Ilahi
Ciptakan damai di Bumi
    Bekerja berkarya berbakti untuk bangsa
    Bekerja berkarya berbakti karena Allah
Berlandaskan aqidah dengan akhlaq karimah
Umat menanti dharma bhaktimu
Berkompetisi menggapai ridho Ilahi
Ciptakan damai di Bumi...Ciptakan damai di Bumi

Fasilitas
Di UIN Walisongo Semarang terdapat beberapa sarana/fasilitas yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Sarana dan fasilitas ini dikelola oleh Unit-unit di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Beberapa contoh yang dapat disebutkan disini misalnya: Ma’had, PUSKOM (Pusat Komputer), SAC (Student Advisory Council), Sport Centre (Fasilitas Olah Raga dan Seni). Selain di PUSKOM disetiap Jurusan juga terdapat laboratorium komputasi yang dikelola oleh Jurusan yang dapat digunakan untuk kepentingan mahasiswa. Di Gedung Fakultas yang sedang dibangun akan tersedia jaringan akses ke internet dengan fibre optic dalam kampus UIN yang didesentralisasikan ke berbagai jurusan.
Ma’had
Ma ‘had terdiri dari 5 gedung berlantai 4 (empat) yang diperuntukkan mahasiswa Tahun Pertama. Daya tampung Ma’had saat ini adalah 1500 mahasiswa. Saat ini sedang dibangun pengembangan Ma’had yang akan dapat menampung 2000 mahasiswa baru, sehingga nantinya secara keseluruhan akan dapat menampung 3500 mahasiswa baru.
Masjid
UIN Walisongo memiliki 3 Masjid di tiga lokasi kampus, yakni Masjid di Kampus I seluas 225 M2, Masjid di Kampus II seluas 1.232 M2, dan Masjid di Kampus IIIseluas 289M2. Semua masjid itu bisa menampung lebih dari 3500 jama’ah.
Poliklinik Umum dan Gigi UIN Walisongo Semarang
Buka setiap hari, Poliklinik ini melayani mahasiswa, karyawan dan dosen. Poliklinik UIN Walisongo memiliki dokter umum, dokter gigi dan psikiater. Merupakan wujud pelayanan UIN kepada Civitas Academika.
Fasilitas Olah Raga
Fasilitas olah raga yang ada di UIN terdiri dari: lapangan tenis, lapangan volley, lapangan sepak bola dan Sport Centre yang merupakan gedung serba guna indoor, untuk berbagai kegiatan olah raga dan seni dengan luas lebih kurang 3.500 m2. Sport center merupakan gedung 3 lapis, yang memiliki balkon dan tribune. Gedung ini memiliki daya tampung sekitar 5000 orang yang dilengkapi dengan berbagai ruang pada landai satu.
Auditorium
Auditorium IAIN Walisongo cukup luas terdapat di kampus I dan Kampus III. Auditorium ini dipakai untuk menunjang kegiatan-kegiatan baik akademik maupun lainnya, misalnya untuk seminar, konferensi, wisuda, dan lain-lain.
Bisnis Centre
Bisnis Centre merupakan unit usaha koperasi yang siap melayani kebutuhan anggota, mahasiswa dan masyarakat sekitar. Bisnis Centre juga dilengkapi dengan Bank dan Kantin. Kantin yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas kemudahan bagi mahasiswa, menyediakan menu masakan dengan harga yang terjangkau.
Hotspot Area
Informasi dan teknologi merupakan sarana pembelajaran yang cepat, efektif dan efesien, sehingga internet menjadi kebutuhan vital bagi mahasiswa dan dosen. Di lingkungan fakultas tersedia jaringan hotspot area yang free di beberapa titik, seperti di sekitar gedung Laboratorium, gedung perkuliahan, ruang dosen dan gedung perpustakaan Institut. 
Sejalan dengan itu semua, pada tahun 2013 juga terialisasi program IDB yang perencanaannya akan membangun sarana dan prasarana UIN sudah termasuk satu maket lengkap Fakultas dan di dalamnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai realisasi program Islamic Development Bank (IDB).

Referensi:

Komentar

Posting Komentar