Contoh Cover Proposal dan Isinya

Mahfudz Ha-eR Semarang - Proposal adalah sebuah rancangan yang dituangkan dalam rencana kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal. 
Contoh Cover Proposal dan Isinya
Namun kali ini, blog mahfudz akan memberikan suatu gambaran proposal untuk membuat sebuah acara. Contoh dibawah ini adalah sebuah acara pengajian yang bis Anda kembangkan semau Anda untuk membuat berbagai proposal acara lainnya. 
Kalau pingin Format PDF, Dibawah poll yaa :) Capcuss...


I.              PENDAHULUAN 
A.           LATAR BELAKANG
Era globalisasi telah membawa manusia pada peradaban yang maju. Ditandai berbagai penemuan baru dan kemajuan di berbagai bidang. Perkembangan pesat ini sangat menguntungkan umat manusia. Mereka cukup terbantu karena dipermudah dalam berbagai hal. Batas geografispun bukan menjadi penghalang untuk mengakses informasi dengan mudah.
Lebih disayangkan, era globalisasi mengikiskan rasa sosialisme antar sesama dan menumbuhkan rasa egoisme. Tumbuh dalam pribadi manusia memiliki rasa duniawi yang tinggi disebabkan ambisi mendapatkan teknologi canggih era globalisiasi. Berbagai kesibukan dilakukan untuk mencapainya, yang secara tidak sadar mengurangi rasa sosialisme antar manusia, terkikisnya rasa religius untuk kepentingan berhubungan kepada Tuhan, bahkan semakin hilang rasa kecintaan kepada negara yang bebas dari penjajahan (merdeka), yang diperjuangkan para syuhada’ (pahlawan) bangsa Indonesia.  
Argumen ini tentu sangat jauh dari tauladan-tauladan Rosulullah Shollallahu Alaihi Wasallam yang mengajari umat manusia umumnya dan umat muslim khususnya. Tauladan-tauladan Rosul SAW mengajarkan bahwa rasa sosial harus tumbuh dari setiap umat manusia, rasa religi dari setiap umat beragama, dan rasa nasionalisme untuk umat yang bernegara.
Maka dari itu, Forum Komunikasi Pemuda Genting (FKPG) Desa Genting Meteseh Tembalang Semarang memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan lagi rasa sosial antar manusia dan mengembangkan kembali aspek agama serta nasionalisme dalam pribadi setiap manusia. Dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim” maka Forum Komunikasi Pemuda Genting (FKPG) berkehendak melakukan kegiatan yang tersusun dalam satu ide yaitu “Dengan Mauliddurrosul, Mari Tingkatkan Mahabbah Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia”. 




B.            MAKSUD DAN TUJUAN
1.    Meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk memahami dan menghayati islami lewat al-Qur’an dan Mauliddurrosul.
2.    Mengembangkan dan melestarikan bakat minat para jiwa muda dalam membaca al-Qur’an dan Mauliddurrosul. Memahami, menghayati, serta menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk seni indah al-Qur’an dan Mauliddurrosul untuk menciptakan rasa sosial, agama, dan nasionalis.
3.    Media penyaluran tanggung jawab sosial masyarakat.
4.    Terciptanya pribadi muda yang unggul dalam masyarakat, agama dan negara.
5.    Menjalin persatuan dan persaudaraan antar umat manusia umumnya dan generasi muda khususnya.
6.    Menciptakan wadah bagi generasi muda lebih mencintai masyarakat, agama, dan negara.
7.    Mengaktifkan kembali peran pemuda dalam masyarakat, agama, dan negara.
8.    Mengarahkan masyarakat dan generasi muda pada kegiatan yang bersifat positif dan menghindarkan pengaruh negatif.
9.    Sebagai sarana Branding dan Marketing tepat bagi sponsorship (perusahaan produk/jasa) kepada publik/masyarakat.
10.                        Sebagai sarana dan media untuk Memaksimalkan target penjualan atas produk/jasa bagi perusahaan sponsorship.
C.           LANDASAN DAN DASAR KEGIATAN
1.    Spirit Pancasila sebagai dasar NKRI.
2.    UUD 1945 pasal 30 tentang Bela Negara.
3.    Tap MPR No. VI Tahun 1973.
4.    Perda Jateng dan Kota Semarang.
5.    Firman-Firman Allah dan Hadits-hadits Rosul.
6.    Fatwa Ulama’, Persetujuan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.
7.    Semangat Pemuda FKPG.

II.           ISI PROPOSAL
A.           LEMBAGA PENYELENGGARA
Kegiatan ini diselenggarakan oleh: Forum Komunikasi Pemuda Genting (FKPG) Meteseh Tembalang Semarang.

B.            KEGIATAN
Rangkaian Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pemuda Genting (FKPG) Desa Genting Meteseh Tembalang Semarang, sudah terangkum pada Pengajian Umum “Genting Bersholawat” bertemakan Dengan Mauliddurrosul, Mari Tingkatkan Mahabbah Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

C.           PELAKSANAAN
Tema                    : Dengan Mauliddurrosul, Mari Tingkatkan Mahabbah Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
Judul Acara          : Pengajian Umum “Genting Bersholawat”
Hari/Tanggal        : Ahad, 25-26 Agustus 2013
Waktu                  : Pukul 19.00 WIB – 01.00 WIB
Tempat                 : Musholla “Baitul Muttaqin” Desa Genting Meteseh Tembalang Semarang
Mauidhoh             : Al Habib Umar Al-Muthohar
Al Habib Hasan Al Jufry

D.           PESERTA
Peserta adalah masyarakat Genting pada khususnya dan masyarakat sekitarnya pada umumnya.  

III.        SPONSORSHIP
A.           Sponsor tunggal membiayai minimal sebesar 80 % dari total estimasi anggaran.
B.            Sponsor utama membiayai minimal sebesar 60 % dari total estimasi anggaran.
C.            Sponsor pendukung membiayai minimal sebesar 40 % dari total estimasi anggaran.
D.           Partisipan membiayai minimal sebesar 20 % dari total estimasi anggaran.
HAK DAN KEWAJIBAN SPONSORSHIP
A.           SPONSOR TUNGGAL
1.             HAK
a.    Pencetakan logo dan penulisan nama perusahaan pada setiap materi promo dan publikasi :
-            Baliho                          -           Pamflet                                    -           Back Drop
-            Umbul-umbul              -           Spanduk                                  -           Co Card
b.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu acara berlangsung.
c.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu publikasi di mobil penyiaran.
d.   Diberikan hak atas full branding yang berkaitan dengan material promosi dan publikasi di setiap titik yang memang dianggap prospektif di sekitar kegiatan tersebut.
2.    KEWAJIBAN
a.    Membiayai minimal 80% dari total estimasi anggaran.
b.    Mengisi formulir pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
c.    Untuk pembiayaan akan dibicarakan pada waktu memberikan pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
d.   Memberikan gambar / logo / nama prusahaan.
B.            SPONSOR UTAMA
1.    HAK
a.    Pencetakan logo dan penulisan nama perusahaan pada setiap materi promo dan publikasi :
-            Baliho                          -           Pamflet           
-            Umbul-umbul              -           Spanduk                                  -           Co Card
b.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu acara berlangsung.
c.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu publikasi di mobil penyiaran.
d.   Diberikan hak atas branding yang berkaitan dengan material promosi dan publikasi 50% di setiap titik yang memang dianggap prospektif di sekitar kegiatan tersebut.
2.    KEWAJIBAN
a.    Membiayai minimal 60% dari total estimasi anggaran.
b.    Mengisi formulir pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
c.    Untuk pembiayaan akan dibicarakan pada waktu memberikan pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
d.   Memberikan gambar / logo / nama prusahaan.
C.           SPONSOR PENDUKUNG
1.    HAK
a.    Pencetakan logo dan penulisan nama perusahaan pada setiap materi promo dan publikasi :
-            Pamflet                                    -           Spanduk
-            Umbul-umbul                          -           Co Card
b.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu acara berlangsung.
c.    Diberikan hak atas branding yang berkaitan dengan material promosi dan publikasi 25% di setiap titik yang memang dianggap prospektif di sekitar kegiatan tersebut.
2.    KEWAJIBAN
a.    Membiayai minimal 40% dari total estimasi anggaran.
b.    Mengisi formulir pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
c.    Untuk pembiayaan akan dibicarakan pada waktu memberikan pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
d.   Memberikan gambar / logo / nama prusahaan.
D.           PARTISIPAN
1.    HAK
a.    Pencetakan logo dan penulisan nama perusahaan pada setiap materi promo dan publikasi :
-            Pamflet                        -           Spanduk                                  -           Co Card
b.    Penyebutan nama perusahaan pada waktu acara berlangsung.
2.    KEWAJIBAN
a.    Membiayai minimal 20% dari total estimasi anggaran.
b.    Mengisi formulir pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
c.    Untuk pembiayaan akan dibicarakan pada waktu memberikan pernyataan kesediaan sebagai sponsorship.
d.   Memberikan gambar / logo / nama prusahaan.

IV.        TANGGUNG JAWAB
v  Bertanggung jawab secara penuh tentang apa yang sudah dipercayakan perusahaan (pihak sponsor) kepada panitia dari Forum Komunikasi Pemuda Genting (FKPG) Desa Genting Meteseh Tembalang Semarang.
v  Siap mengerjakan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab secara penuh tentang konsep tersebut atas pengawasan perusahaan (pihak sponsor).
v  Sewaktu-waktu siap untuk dipanggil dan menghadap kepada perusahaan (pihak sponsor) mengenai presentasi konsep yang akan diselenggarakan.

V.           PENUTUP
Demikian proposal dari kami, sebagai bahan pertimbangan dan kajian. Besar harapan kami kedepan untuk terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara kami dengan perusahaan (pihak sponsor). Kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tentunya tidak lepas dari peran serta bantuan dari berbagai pihak.
Dan juga diharapkan wadah dari kegiatan ini akan terus berkelanjutan guna mengembangkan masyarakat yang madani. Semoga harapan tersebut bisa berjalan sukses dan mendapat respon dari semua pihak. Atas segala perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.


Semarang, 15 Mei 2013

Panitia Pelaksana
Genting Bersholawat





Ketua Panitia                                                                                                               Sekretaris
Mengetahui,





Ketua RW VI Desa Genting

Komentar