3 Hal yang Harus Kamu Fikirkan Saat Jadi Pengurus Organisasi

Blog Mas Eng - Ibarat manusia, pengurus di dalam organisasi itu seperti nyawa. Organisasi tak akan hidup jika di dalamnya tidak ada pengurusnya. Bukan sekedar ada pengurusnya atau tidak, namun pengurus di dalamnya pun haruslah sehat agar organisasi pun dapat hidup dengan sehat. 
3 Hal yang Harus Kamu Fikirkan Saat Jadi Pengurus Organisasi
Berbicara tentang pengurus, maka kita berbicara tentang SDM (Sumber Daya Manusia) dan ketika berbicara tentang pengembangan SDM, maka akan semakin kompleks pembahasannya. Mungkin lain waktu, semoga saja. Ada tiga yang bisa kita cari ketika berbicara tentang SDM, yaitu: Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas atau bisa disebut 3K. 

Pertama, Kuantitas adalah jumlah SDM yang berada di organisasi. Banyak atau sedikitnya tergantung bagaimana kebutuhannya di organisasi. Tidak perlu terlalu banyak orang ketika organisasi tersebut sudah bisa efektif berjalan dengan sedikit orang. Begitu juga tidak perlu memaksakan sedikit orang ketika organisasi tersebut memang memerlukan banyak orang. 

Selanjutnya adalah Kualitas, nilai-nilai apa saja yang bisa dimiliki oleh SDM yang berada di organisasi. Misalnya: loyalitas, tanggungjawab, pemahaman, rasa cinta dan memiliki, pengorbanan, dll. 

Yang terakhir adalah Kontinuitas, bagaimana SDM yang menjadi pengurus organisasi sekarang harus bisa memikirkan bagaimana kelanjutan organisasi ke depannya baik dari pengurusnya, sisi kemajuan organisasi dan juga penerus pengurus selanjutnya. 

Nah, bagaimana caranya agar setiap pengurus organisasi dapat bekerja maksimal untuk menyuburkan organisasi yang sekarang dia tempati? Menumbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap organisasi. Persis seperti orang yang jatuh cinta. Apapun akan dia lakukan demi orang yang dia sukai dan cintai. Sepadat apapun, akan dia sempatkan untuk melakukan hal yang dia senangi. 
Di sini, saya mencoba menyampaikan bahwa cinta itu butuh yang namanya pengorbanan. Tak perlu memaksakan diri untuk berkorban, namun ketika sudah cinta maka sebanyak apapun pengorbanan yang harus diberikan, maka ia akan berikan tanpa diminta. Sama halnya di organisasi. Jika kita mencintai organisasi tempat kita berada, maka kita akan bisa berkontribusi secara maksimal. 


See You!!!

Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar