6 Langkah ini Bisa Jadikan Kamu Makin Cinta dengan Organisasimu

Blog Mahfudz - Organisasi adalah sekumpulan orang-orang untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap orang tentu memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing. Berbagai kemampuan dan kelebihan itulah, sebuah organisasi saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Maka, untuk mencapai tujuan itu, diperlukan sebuah kecintaan terhadap organisasi tersebut. Berikut langkah-langkah untuk menambah kecintaanmu terhadap organisasi.
6 Langkah ini Bisa Jadikan Kamu Makin Cinta dengan Organisasimu

1. Niat yang lurus adalah modal awal 
Niat merupakan kekuatan terbesar bagi setiap langkah yang kita ambil. Niat yang lurus di sini artinya niat beroganisasi yang ada dalam hati kita, sepenuhnya ditujukan sebagai ibadah dan mencari ridho Allah SWT. Mengapa? Karena sesuatu yang diniatkan karena Allah akan membuat kita tenang dan senang dalam menjalaninya. 
Dengan begitu, kita tidak akan ada rasa kecewa, tidak akan ada saling menyalahkan, tidak akan ada debat kusir karena masalah beda pendapat yang sepele, dan tidak akan ada rasa saling benci dengan orang-orang yang berada dalam organisasi. Berbeda ketika kita niatkan untuk orang lain misalnya: popularitas, pujian, ingin dinilai baik, dll. Maka ketika kita tidak mendapatkannya kita akan menjadi kecewa. 

2. Memahami organisasi secara keseluruhan 
Kita harus mau memahami seluk-beluk yang ada di organisasi tempat kita berada. Dari mulai visi misi, arah, tujuan, nilai, sistem, serta manfaatnya. Dengan memahami itu semua, kerja kita akan lebih terarah dengan baik. Tidak asal-asalan dengan alasan yang penting terselesaikan. 

3. Tanyakan pada hati: Apakah aku cocok di organisasi ini? 
Ya, kita perlu tahu dan menyadari apakah kita cocok atau tidak berada di dalam organisasi tersebut. Kita bisa melihatnya dari segi kemanfaatannya. Apakah organisasi ini membuat kita lebih baik? Misalnya menjadikan kita lebih baik dari segi manajemen waktu, kepekaan kepada orang lain, tanggungjawab, sabar, ikhlas dan menghargai orang lain. 
Lebih naik misalnya dari segi karakter. Yang tadinya pesimis menjadi optomis, yang tadinya sulit senyum jadi murah senyum, yang tadinya cuek jadi perhatian, yang tadinya keras kepala menjadi tawadhu’ dan sebagainya. Pilihlah organisasi yang lebih banyak manfaatnya. 

4. Semua orang di organisasi itu sangat berarti. 
Yakinlah segala yang ada pada diri kita adalah sangat berarti bagi organisasi. Pemikiran, kehadiran, tenaga, dan apa saja dari kita berguna dan dibutuhkan oleh organisasi. Bukan bermaksud untuk narsis atau sombong, tapi ini adalah sebuah penghargaan bahwa diri kita berusaha mensyukuri anugerah yang telah diberikan Tuhan pada kita, sehingga tidak ada pernyataan bahwa organisasi ini akan tetap berjalan tanpa ada aku di situ, begitu pula sebaliknya. Semua orang di organisasi itu berarti! 

5. Sadarilah, kita adalah pejuang! 
Seorang pejuang tidak boleh mengeluh, seberat apapun amanah yang kita emban. 

6. Tetap semangat dan konsisten 
Semangat dapat membuat pekerjaan kita terasa lebih ringan. Sedangkan sebuah konsisten akan membawa kita dari keraguan dan kemalasan. 

Semoga bisa menambah alasan kamu mencintai organisasimu ya!

Nb: Dari pengalaman dan berbagai sumber. Ada tambahan?

Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Posting Komentar