10 Fakta Menarik Saat Bulan Ramadhan Tiba


10 Fakta Menarik Saat Bulan Ramadhan TibaBlog Pribadi - Salah satu kewajiban ibadah umat muslim yang telah tercantum di rukun islam, adalah melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Yaitu menahan rasa lapar dan dahaga, serta menahan amarah dan nafsu dunia, dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Namun kali ini, kita akan mengulas beberapa hal yang menarik untuk dibahas, dalam bulan yang penuh barokah ini. Dan berikut adalah beberapa fakta menarik, yang akan kamu temui saat ramadhan tiba. Penasaran apa saja? Mari kita simak! 

1. Awal dan Akhir Bulan Ramadhan Berbeda-beda.
Di Indonesia, kita kerap menjumpai perbedaan awal dan akhir bulan ramadhan antar golongan. Serta durasi antara 29 atau 30 hari lamanya, di setiap bulan ramadhan belum tentu sama. Meski begitu, kita harus tetap saling menghargai. Namun jika kalian bingung untuk menentukan awal dan akhir bulan ramadhan, cukup ikut pemerintah saja. Selain akurat, juga lebih mudah dalam mengakses informasinya. Yang perlu dipastikan jangan sampai puasamu kurang dari 29 atau 30 hari.. apalagi kalau kamu cowok, sampai ngaku kalo sedang menstruasi. 

2. Jamaah di masjid atau mushola tiba-tiba penuh.
Survei membuktikan, berbagai daerah di Indonesia, masjid-masjid mendadak ramai saat ramadhan datang, terutama di minggu pertama bulan ramadhan. Namun sangat disayangkan, jika hal tersebut tidak berlangsung hingga akhir ramadhan. 

3. Jam Kerja berkurang.
Adanya pengurangan jam kerja bagi umat muslim yang tengah menjalani ibadah puasa, yang diberlakukan disejumlah negara. Contohnya di Oman, negara yang mayoritasnya juga beragama Islam. Di negara tersebut, mewajibkan setiap perusahaan mematok jam kerja di bulan ramadhan kurang dari 6 jam. Sementara di Indonesia, walaupun tidak semua, namun ada juga beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. 

4. Program Tayang Televisi Mendadak Padat.
Kalo yang satu ini sudah bukan rahasia lagi, tayangan program religi bulan ramadhan dari berbagai stasiun televisi, seolah telah menjadi ajang perlombaan. Dengan menayangkan sinetron yang kental bernuansa islami, ceramah agama, atau kultum menjelang sahur maupun berbuka, dan berbagai acara televisi lainnya. Bahkan televisi lokal pun seakan tak mau kalah, dengan acara-acara yang dihadirkan televisi bersekala nasional. 

5. Iklan Tivi berubah religi yang kenyang dan kembung.
Iklan-iklan Tivi pun ikut berubah menjadi serba religi, entah itu iklan sarung, busana muslim, mukena dan lainnya. Kalo gak religi ya bernuansa makanan dan minuman, entah itu iklan sirup, iklan roti atau bumbu masak dapur. 

6. Diskon dan Promo berdatangan.
Berbagai iklan di Televisi berupa pakaian religi, atau makanan maupun minuman. Juga diikuti dengan berbagai diskon dan promo di berbagai pusat perbelanjaan. Selain karena target konsumen yang membludak karena mau membawa oleh-oleh untuk pulang di kampung halamannya. Para penjual juga tidak berbeda jauh, mereka juga ingin mudik yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

7. Booking Tiket Mudik Penuh.
Mudik saat lebaran memang merupakan tradisi yang sudah lama ada di Indonesia. Mereka tentunya ingin bersilaturahmi dengan sanak saudaranya di kampung, mengingat hari libur panjang sudah berada di dekat mata. Hingga akhirnya semua tiket pun cepat habis terjual. Nah sebaiknya untuk kalian yang mau mudik cepat-cepat pesan tiket, karena keburu habis. 

8. Berbagai Varian Membangunkan Sahur.
Berbagai macam suku dan budaya di Indonesia, juga mempengaruhi bagaimana cara mereka dalam membangunkan sahur. Di berbagai daerah di Indonesia tidak semuanya sama dalam membangunkan sahur, ada yang pakai alat musik tradisional, entah pakai kentongan, ada yang pakai ember pokoknya banyak macemlah. Selain itu ada yang lewat masjid atau mushola, ada yang pake petasan. Khusus yang pake petasan dihentikan aja deh, pakai alat musik pastinya lebih seru loh..oke 

9. Membludaknya Penjual Kembang Api.
Keramaian bulan suci ramadhan, yang disambung dengan lebaran, juga menjadi rezeki tersendiri bagi para penjual kembang api. Berbeda tipislah dengan pendapatan yang di dapatkan ketika menyambut tahun baru. Di pedesaan maupun di perkotaan, kembang api seolah-olah menjadi alat untuk mereka merayakan sebuah kemenangan, layaknya kemenangan pertandingan sepakbola antara Timnas Indonesia melawan Timnas Inggris. 

10. Jasa tukar uang baru menjadi penguasa jalanan.
Para penyedia jasa tukar uang baru pun menjamur di berbagai daerah, ketika menjelang lebaran. Hal ini disebabkan, karena para perantau juga ingin membagi rezekinya ke sanak saudara di kampung halamannya. Untuk hal ini, harap berhati-hati ya para penyedia jasa, sudah banyak kasus penipuan uang palsu. Jangan lukai kemenangan ini dengan kekalahan telak yah, semoga amal ibada kita diterima disisi Allah. Amiiin 

Oke cukup sudah pembahasan kali ini, tentang berbagai fakta menarik di bulan ramadhan, selamat menunaikan ibadah ramadhan yah gaes. Semoga kita semua diberi kelancaran hingga lebaran, memastikan kemenangan kita dan pastinya mencapai Ridho Allah SWT. 
Oiya, jangan lupa zakat fitrah ya bagi kalian yang masih bernyawa, dan menanggung orang bernyawa..oke 
Cukup sekian, mohon maaf jika ada salah kata dari kami, jangan lupa subcribe jika kalian suka sama artikelnya ya gaes. Biar kami tambah semangat buat artikel baru. 
Silahkan komen juga dibawah kalo ada unek-unek. 
Terima kasih. 

Komentar


  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin puasa, saya nemuin artikel menarik nih yang ngebahas tentang cara cerdas untuk hemat saat bulan Ramadan. Cek di sini ya: Jurus amankan uang saat bulan puasa, agar kantong nggak jebol

    BalasHapus

Posting Komentar